10 Software Backup Gratis Terbaik untuk PC / Laptop

Adanpedia
Software Backup Terbaik untuk PC

Pengguna Windows dan Mac seringkali mengabaikan pentingnya menggunakan software backup. Padahal, menggunakan aplikasi tersebut adalah cara terbaik untuk menghindari masalah seperti crash sistem, terutama karena beberapa di antaranya bisa digunakan secara gratis!

Meskipun gratis, software backup untuk PC ini memiliki fitur yang tidak kalah bagusnya dengan aplikasi berbayar, terutama untuk penggunaan pribadi. Selain mem-backup data, software tersebut juga bisa menyimpan file sistem, driver, dan banyak lagi.

Jika Anda sedang mencari aplikasi pencadangan data terbaik, berikut adalah beberapa software backup terbaik untuk PC Windows dan Mac yang bisa Anda coba.

1. Paragon Backup and Recovery

Paragon Backup dan Recovery

Paragon Backup and Recovery Community Edition adalah software backup gratis yang dapat digunakan untuk SSD atau HDD, baik dalam format NTFS, FAT32, Ext2, hingga Linux Swap. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat cadangan data PC Windows atau Mac dan mengembalikannya jika diperlukan.

Meskipun gratis, Paragon Backup CE ini dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti proses backup otomatis yang dapat Anda atur sendiri waktu dan lokasinya. Anda juga dapat menghapus cadangan lama sesuai dengan parameter yang telah Anda tentukan.

Yang menarik, data cadangan dapat di-mount dan diakses seperti partisi biasa. Selain itu, Anda juga dapat membuat cadangan OS dalam format bootable. Dengan begitu, Anda dapat mengembalikan instalasi OS yang bermasalah, lengkap dengan program lain yang telah diinstal dan profil pengguna yang ada.

2. Duplicati

Duplicati

Duplicati adalah software backup gratis yang dapat digunakan pada PC Windows, Mac, dan Linux. Di dalamnya, Anda dapat menemukan berbagai fitur seperti incremental backup, kompresi, backup otomatis, hingga file versioning sehingga Anda dapat melihat versi lama dari backup Anda.

Duplicati didesain sebagai software backup online, sehingga dapat bekerja dengan protokol standar seperti FTP, SSH, atau WebDAV. Selain itu, Duplicati dapat diintegrasikan dengan layanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, Amazon Cloud Drive, hingga Microsoft OneDrive. Meskipun begitu, software ini tetap dapat digunakan secara offline dan menyimpan backup Anda di hard drive lokal.

Untuk mengatasi kekhawatiran akan keamanan saat menyimpan file di cloud, Duplicati juga dilengkapi dengan fitur keamanan canggih menggunakan enkripsi GPG atau AES-256. Selain itu, Duplicati juga mampu menyembunyikan ukuran dan struktur file yang disimpan.

3. Fbackup

Fbackup

Meskipun antarmukanya terinspirasi dari Office, perangkat lunak ini mungkin kurang menarik bagi sebagian pengguna. Namun, fitur-fiturnya membuatnya menarik bagi banyak pengguna, baik yang baru memulai maupun yang sudah mahir.

Dengan perangkat lunak ini, Anda dapat menjadwalkan backup secara otomatis, dan pengaturan berbasis wizard memudahkan Anda menyesuaikan berbagai opsi dengan benar dan lebih mudah. Fungsi penjadwalan tersedia untuk memastikan backup Anda selalu terbarui.

Anda dapat membuat backup mudah yang terdiri dari file dan folder, yang dapat disimpan di drive lokal atau jarak jauh, drive Google, atau media penyimpanan yang dapat dilepas.

4. Drivelmage XML

DriveImage XML adalah software backup gratis khusus Windows yang menggunakan fitur Microsoft's Volume Shadow Services (VSS). Dengan ini, Anda dapat membuat 'hot image' dari drive tanpa perlu reboot, atau bahkan saat sedang digunakan. File backup disimpan dalam format XML yang dapat diakses melalui aplikasi backup PC lainnya.

Meskipun tidak memiliki fitur paling canggih, DriveImage XML memiliki antarmuka yang sederhana dan fitur dasar yang solid. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menyalin data ke drive lain, membuat CD Image, melakukan backup incremental, dan menjadwalkan backup secara otomatis.

5. Redo Rescue

Redo Rescue

Redo Rescue adalah software backup yang memudahkan penggunaan Clonezilla dengan antarmuka grafis yang lebih user-friendly, mirip dengan Rescuezilla. Kode sumber open-source Redo Rescue (sebelumnya Redo Backup) bahkan digunakan sebagai dasar untuk membuat Rescuezilla saat Redo Rescue mengalami masa vakum cukup lama pada awal tahun 2010-an.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat backup image dan mengembalikannya ke hard drive pilihan Anda. Meskipun mengalami masa vakum, Redo Rescue memiliki kompatibilitas ke belakang dan dapat digunakan untuk mengembalikan cadangan data dari versi lama mereka.

Selain itu, software backup untuk Windows, Mac, dan Linux ini memiliki fitur-fitur unggulan seperti selective restoring, dukungan UEFI secure boot dan virtual machine, serta banyak fitur lainnya yang membuatnya menjadi salah satu software backup terbaik.

6. Rescuezilla

Rescuezilla

Rescuezilla adalah alternatif terbaik untuk Clonezilla, namun dengan antarmuka grafis yang lebih user-friendly dan fitur-fitur yang lebih mirip dengan software backup pada umumnya, seperti dukungan untuk incremental dan differential backup. Bagi pengguna Clonezilla sebelumnya, software ini juga dapat digunakan untuk mengembalikan file backup dari Clonezilla, dan sebaliknya.

Rescuezilla dapat dijalankan dari flash disk tanpa perlu diinstal sebagai aplikasi portable. Software backup gratis ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur menarik lainnya, seperti jadwal/backup otomatis, dukungan Command Line Interface (CLI), sinkronisasi cloud, dan enkripsi backup. Aplikasi ini juga merupakan salah satu software backup ringan yang dapat digunakan pada PC atau laptop dengan spesifikasi rendah berbasis Windows, Mac, dan Linux.

Yang menarik, software ini juga memiliki fitur untuk memperbaiki file yang rusak dan pemulihan foto yang dapat membantu mengembalikan foto dari penyimpanan yang rusak atau cacat.

7. Clonezilla

Clonezilla

Dibandingkan dengan backup, Clonezilla adalah software imaging yang mirip dengan True Image atau Norton Ghost yang dapat membuat clone dari sebuah partisi atau hard drive. Anda dapat menyimpan seluruh sistem dan membuatnya menjadi disk bootable yang dapat digunakan secara portable.

Clonezilla tersedia dalam tiga versi yang berbeda, tergantung pada skala backup yang diinginkan. Jika hanya untuk penggunaan pribadi, Clonezilla Live dirancang khusus untuk satu mesin, sementara Clonezilla Lite Server dan Clonezilla Server Edition dapat digunakan untuk puluhan PC sekaligus.

Karena ini adalah software imaging, Clonezilla belum mendukung incremental/differential backup. Meskipun demikian, software ini dilengkapi dengan fitur lain seperti enkripsi, transfer rate yang cepat, dan dukungan untuk berbagai sistem file. Software ini cocok untuk PC dengan spesifikasi rendah dan dapat digunakan pada komputer dengan RAM minimal 196 MB saja!

8. Cobian Reflector

Cobian Reflector

Cobian Reflector adalah penerus dari Cobian Backup yang keduanya dapat digunakan secara gratis, bahkan untuk keperluan komersial. Di antara keduanya, Cobian Reflector adalah yang harus Anda unduh karena source code Cobian Backup sudah terjual, meskipun pengembangnya masih memiliki lisensi untuk versi terakhirnya.

Cobian Reflector adalah aplikasi yang sepenuhnya berbasis .NET dan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti dukungan untuk transfer SFTP. Sebagian besar fiturnya mirip dengan Cobian Backup, termasuk backup incremental/differential, backup terjadwal, dan penyimpanan file backup di jaringan atau server FTP.

Selain itu, Cobian Reflector juga mendukung fitur kompresi dan enkripsi. Ini tidak hanya membuat ukuran file backup menjadi lebih kecil, tetapi juga lebih aman. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Cobian Reflector menjadi salah satu software backup gratis untuk PC yang layak untuk dicoba.

9. Perfect Backup

Perfect Backup

Seperti namanya, Perfect Backup adalah aplikasi yang sempurna untuk membuat cadangan file/folder atau sistem komputer Anda. Selain itu, software backup gratis ini juga dapat menyimpan data dari browser, email, Outlook, game saves, dan data dari ribuan program Windows populer lainnya.

Dengan menggunakan fitur VHD (virtual hard disks) untuk menyimpan backup, Anda dapat mengkopi sistem dengan sangat akurat dan mengembalikannya dengan tingkat keakuratan yang sangat baik. Proses backup bahkan dapat dilakukan secara otomatis tanpa perlu reboot atau mengganggu pekerjaan Anda.

Anda tidak hanya dapat menyimpan file backup ke hard drive lokal, tetapi juga ke layanan eksternal seperti FTP atau penyimpanan cloud. Backup dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti incremental, differential, full, dan mirror.

10. EaseUS ToDo Backup Free

EaseUS ToDo Backup Free

EaseUS ToDo Backup Free merupakan pilihan pertama yang direkomendasikan jika Anda mencari software backup gratis untuk PC Windows. Untuk penggunaan pribadi, versi gratis dari software ini sudah lebih dari cukup untuk menjaga keamanan data Anda.

Selain dapat mencadangkan file, EaseUS ToDo Backup Free juga dapat mencadangkan file sistem, partisi, hingga satu hard drive secara menyeluruh. Proses restorasi data juga dapat dilakukan dengan sempurna, meskipun kecepatannya pada versi gratisnya lebih lambat dibanding versi premiumnya.

Hal yang menarik, Anda juga akan mendapatkan fitur differential backup dan incremental backup di mana Anda dapat membuat backup dengan hanya mencadangkan data yang belum dimasukkan dalam backup sebelumnya. Dengan begitu, proses backup akan berlangsung lebih cepat daripada harus melakukan backup dari awal terus-menerus.

Demikianlah beberapa software backup gratis terbaik yang dapat Anda gunakan untuk penggunaan pribadi. Tidak hanya untuk menyimpan data, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat cadangan sistem operasi lengkap beserta driver di dalamnya.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.