3 Cara Bermain Game Android di PC atau Laptop, Dijamin Berhasil!

Adanpedia

Bermain game di ponsel adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Namun, tahukah kamu bahwa kamu juga bisa memainkan game Android di PC atau laptop Windows?

Dengan menginstal game Android di PC, kamu dapat menikmati game favoritmu dengan layar yang lebih besar. Jika kamu tidak nyaman dengan kontrol layar sentuh, kamu dapat menggunakan gamepad yang lebih nyaman. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir tentang baterai habis saat sedang asyik bermain.

Ada banyak cara untuk memainkan game Android di PC Windows. Google sendiri sedang mengembangkan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari Google Play Store ke PC. Selain itu, masih ada beberapa cara lain yang legal dan berhasil.

Cara Bermain Game Android di PC

1. Cara Main Game Android di PC dengan Emulator

Emulator adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang memungkinkan sebuah sistem untuk berfungsi seperti sistem komputasi lainnya. Dalam hal ini, emulator memungkinkan PC untuk menjalankan aplikasi Android, termasuk semua game yang ada.

Saat ini, ada banyak emulator Android untuk PC seperti Nox Player, Genymotion, KO Player, atau MEmu Play. Salah satu emulator Android terbaik untuk PC adalah Bluestacks. Bluestacks tidak hanya memiliki performa yang stabil, tetapi juga mendukung berbagai aplikasi Android dan ringan saat digunakan.

Untuk menggunakan emulator Bluestacks, pastikan komputer PC atau laptop kamu memenuhi spesifikasi berikut:

  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 ke atas
  • Processor: Intel atau AMD Processor
  • RAM: 2GB
  • HDD: 5GB
  • Memiliki akses Administrator
  • Menggunakan driver grafis terbaru

Jika sudah memenuhi spesifikasi tersebut, ikuti langkah berikut untuk memainkan game Android di PC atau laptop:

  1. Unduh Bluestacks dari situs resminya.
  2. Install Bluestacks seperti biasa. Saat menginstal Bluestacks, pilih drive yang memiliki ruang kosong yang cukup karena semua game yang diunduh akan disimpan di drive yang sama.
  3. Saat diminta untuk login ke akun Google, masukkan akun Google dan kata sandinya.
  4. Setelah selesai terpasang, buka Bluestacks dan cari menu Google Play Store.
  5. Pilih aplikasi yang ingin diinstal dan instal seperti biasa. Setelah terinstal, kamu bisa langsung memainkannya.

Setelah Bluestacks dan game terinstal, kamu bisa mengubah pengaturan untuk mengatur cara kontrol aplikasi tersebut. Di menu pengaturan, kamu bisa memilih untuk menggunakan kontrol default Bluestacks atau mengubahnya menjadi gamepad atau keyboard + mouse. Setelah selesai, kamu bisa langsung menikmati bermain game atau menggunakan aplikasi Android di PC atau laptop kamu.

2. Cara Main Game Android di PC dengan Google Play Games

Cara termudah untuk memainkan game Android di PC adalah dengan menginstal Google Play Games di komputer atau laptop. Aplikasi ini resmi dari Google dan mirip dengan aplikasi dengan nama yang sama di Android.

Google Play Game for PC

Saat ini, Google Play Games di PC masih dalam tahap Beta. Beruntungnya, Indonesia menjadi salah satu wilayah yang didukung oleh aplikasi ini, meskipun masih ada banyak pengguna yang belum bisa mengaksesnya.

Untuk melakukannya, pastikan kamu telah mengaktifkan Virtualization di setting BIOS komputer kamu. Selanjutnya, kunjungi situs resmi Google Play Games dan unduh installer dari situs tersebut. Setelah login dengan akun Google, kamu dapat menjelajahi game Android di Google Play dan menginstalnya di PC atau laptop kamu.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kamu harus memenuhi persyaratan minimum berikut untuk dapat menginstal Google Play Games di komputer kamu.

 Minimum requirementRecommended
OSWindows 10 (v2004)Windows 10 (v2004)
StorageSolid state drive (SSD) with 10 GB of available storage spaceSolid state drive (SSD) with 10 GB of available storage space
Memory8 GB of RAM8 GB of RAM
GraphicsIntelⓇ UHD Graphics 630 GPU or comparableGaming-class GPU *
Processor4 CPU physical cores (some games require an Intel CPU)8 logical cores (some games require an Intel CPU)
Other
  • Windows admin account
  • Hardware virtualization must be turned on
  • Windows admin account
  • Hardware virtualization must be turned on

* GPU kelas gaming yang direkomendasikan oleh Google, antara lain NVIDIA GeForce GTX 600, 700, 800, 900, atau seri 10, NVIDIA Volta series, NVIDIA GeForce seri 16, 20, atau 30, Intel Iris Xe Graphics, AMD Radeon HD 7790, 7850, 7870, 7950, 7970, atau 7990, AMD Radeon HD 8970 atau 8990, AMD Radeon R9 seri 200, AMD Radeon R7/R9 seri 300, AMD Radeon RX seri 400, AMD Radeon RX 570, 580, atau 890, AMD Radeon RX Vega series, AMD Radeon VII series, dan AMD Radeon RX seri 5000 atau 6000.

3. Cara Install Game Android di Windows 10 & 11

Jika cara sebelumnya tidak berhasil, kamu masih bisa memainkan game Android di PC dengan cara alternatif. Tetap saja, kamu harus memenuhi persyaratan minimum, seperti memiliki 8GB RAM (disarankan 16GB), SSD, dan processor yang mendukung seperti Intel Core i3 generasi ke-8, AMD Ryzen 3000, Qualcomm Snapdragon 8c, dan yang lebih tinggi.

Meskipun sedikit berbeda dengan Google Play Games, kamu akan menginstal game melalui Amazon Appstore daripada Google Play Games. Untuk cara mainnya, kamu hanya perlu mengikuti instruksi berikut:

  • Buka menu Start dan cari Windows Features.
  • Cari opsi Virtual Machine Platform dan aktifkan.
  • Klik OK dan restart komputer.
  • Setelah restart, buka Microsoft Store dan cari aplikasi Windows Subsystem for Android.
  • Pasang aplikasi tersebut dan restart komputer sekali lagi.

Main Game Android di PC

Setelah terpasang, kamu bisa mencari aplikasi tersebut melalui menu Start. Selanjutnya, kamu perlu login dengan akun Amazon dan menginstal game Android favoritmu.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk memainkan game Android di PC Windows yang dapat kamu coba. Dengan menggunakan metode ini, kamu dapat menikmati permainan favoritmu di PC dengan layar yang lebih besar dan kontrol yang dapat disesuaikan. Kamu bahkan dapat mensinkronkan akunmu sehingga progress permainanmu tetap sama dengan yang ada di ponselmu.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.