18 Aplikasi untuk Kpopers yang Wajib Ada di HP Kalian

Adanpedia

Aplikasi K-pop adalah hal penting bagi penggemar musik Korea Selatan. Baik di Android maupun iPhone, terdapat banyak aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan para penggemar K-pop.

Aplikasi Terbaik untuk Kpopers

Mulai dari aplikasi untuk chatting, menonton video live, hingga mengedit foto artis favorit, terdapat banyak aplikasi yang menarik untuk dimiliki.

Jadi, jika kamu penggemar BTS, Blackpink, iKon, New Jeans, Twice, Red Velvet, Stray Kids, atau Treasure, berikut adalah beberapa aplikasi K-pop yang wajib kamu instal di ponselmu.

18 Aplikasi Terbaik untuk Kpopers

1. BTS World

BTS World adalah game menarik yang dikembangkan oleh Netmarble, salah satu pengembang game terkemuka asal Korea Selatan. Meskipun menggunakan karakter BTS, game ini sangat seru dan sayang untuk dilewatkan oleh penggemar K-pop.

BTS World

Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai manajer dari Big Hit Entertainment yang bertugas untuk membawa BTS ke puncak kesuksesan. Hal yang menarik adalah adanya cutscene berupa video asli dari BTS yang akan membuatmu merasakan perjalanan karir mereka. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui kisah dari masing-masing anggota yang tentunya tak kalah menariknya.

2. Superstar

Superstar adalah aplikasi yang berisi game mirip Guitar Hero, tetapi dengan lagu-lagu K-pop. Saat ini, DalcomSoft memiliki banyak versi game ini, mulai dari grup di bawah label YG, JYPNation, SMTown, FNC, Starship, hingga BrandNew.

Dalam aplikasi ini, kamu dapat bersaing dengan pengguna lain di seluruh dunia untuk menjadi yang terbaik dalam permainan ini. Selain itu, kamu juga dapat mengumpulkan kartu bergambar idola kamu dan mengoleksinya di ponselmu.

3. SNOW

Untuk penggemar K-pop yang suka mengedit foto, aplikasi SNOW adalah pilihan yang tepat untuk dicoba. Banyak artis Korea yang menggunakan aplikasi ini, seperti Taeyeon, Kim So-Hyun, dan Lee Sung-Kyung.

SNOW

SNOW telah menjadi viral berkat fitur SNOW AI-nya yang mampu mengedit foto kamu menjadi terlihat ala Korea. Selain itu, SNOW dilengkapi dengan banyak fitur gratis yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi yang suka ber-selfie untuk Instagram, aplikasi edit foto ini dapat membantu kamu tampil sempurna dengan fitur-fitur seperti AR Makeup yang memungkinkan kamu untuk menerapkan filter makeup langsung pada foto dan video kamu.

4. Phoning

Untuk para penggemar New Jeans, aplikasi Phoning adalah aplikasi wajib K-pop yang sebaiknya kamu instal. Dengan konsep yang mirip dengan Weverse, kamu bisa mengakses lagu, foto, video, dan segala informasi mengenai New Jeans.

Namun, tidak hanya itu, aplikasi ini juga menirukan sebuah telepon di mana kamu bisa menambahkan masing-masing member dalam daftar kontak kamu. Kamu juga bisa saling bertukar pesan atau bahkan mendapatkan informasi dan notifikasi seolah-olah kamu sedang menelepon mereka.

Hal lain yang tak kalah menarik dari aplikasi ini adalah tampilannya yang mirip dengan telepon genggam jadul dari era 90-an. Hal ini sejalan dengan cover album debut mereka dan obsesi Gen Z terhadap hal-hal berbau retro akhir-akhir ini.

5. PICKIT

PICKIT adalah aplikasi digital trading card di mana kamu bisa mengoleksi, membeli, dan menjual foto eksklusif resmi idola kamu. Kamu juga bisa berinteraksi dan bergabung dengan penggemar lain di seluruh dunia yang memiliki hobi koleksi foto yang sama.

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah, kamu hanya perlu mencari idola kamu dan membuka card pack yang kamu dapat. Kartu ini bisa didapatkan menggunakan koin yang bisa kamu dapatkan dengan cara login setiap hari, menyelesaikan misi tertentu, menjual koleksi foto, atau membelinya.

Saat ini, PICKIT hanya memiliki koleksi resmi dari beberapa grup dan solois seperti Kim Jaehwan, Everglow, IZ*ONE, Lovelyz, hingga Verivery.

6. Bubble

Bubble adalah salah satu aplikasi K-pop yang sedang viral, karena di sini kamu bisa terhubung langsung dan ngobrol dengan artis idolamu. Kamu bisa menginstal Bubble sesuai dengan artis yang kamu ikuti, seperti Bubble for JYPNation, Bubble Starship, atau Bubble Cube.

Bubble

Meskipun tidak gratis, aplikasi obrolan dengan idol Korea ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan pesan dan konten khusus dari artis yang kamu ikuti. Bahkan, kamu bisa mendapatkan pesan kustom di mana nama kamu disebutkan langsung oleh sang idol!

Dan jangan khawatir tentang bahasa. Pesan kamu akan secara otomatis diterjemahkan ke bahasa Korea dan sebaliknya agar komunikasi kamu berjalan lancar.

7. Amino

Salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh penggemar K-pop adalah Amino. Di sini, kamu bisa berbagi dengan pengguna lain tentang berbagai topik, mulai dari musik, bahasa, budaya, idola, dan banyak lagi, termasuk K-pop.

Khusus untuk penggemar K-pop, kamu dapat bergabung dengan penggemar grup idola lainnya dari seluruh dunia dan berdiskusi tentang berbagai hal mengenai idola kamu, mulai dari fan art, fan fiction, fashion di bandara, hingga berita terbaru tentang mereka.

8. Dailymotion

Salah satu aplikasi menarik yang bisa kamu unduh adalah Dailymotion. Jika kamu sudah menyukai seorang idola atau grup, tentu kamu akan penasaran dengan mereka, kan?

Kamu bisa mendapatkan berbagai konten menarik berupa video melalui Dailymotion. Apalagi jika kamu merupakan penggemar TWICE, 2PM, ITZY, Stray Kids, dan artis lain dari JYP.

Kamu bisa mendapatkan semua konten mereka secara lengkap karena Dailymotion bekerja sama dengan JYP. Namun, jangan khawatir karena kamu juga bisa menikmati konten dari artis lainnya.

9. Kpoppo

Jangan lagi ketinggalan berita terbaru tentang idolamu setelah mengunduh aplikasi Kpoppo.

Kpoppo

Kpoppo adalah platform berita yang menyediakan berita terkini. Dengan ini, kamu bisa langsung mengetahui kabar terbaru dari idolamu dengan cepat. Yang menarik, kamu dapat memfilter berita yang ingin kamu baca berdasarkan artis yang kamu ikuti.

Kpoppo tidak hanya sebagai portal berita, tapi kamu juga dapat melakukan banyak hal lain, seperti melakukan voting, bergabung dengan komunitas, dan menyimpan berita menarik yang sudah kamu baca.

10 TikTok

Para idola Korea kini semakin aktif di TikTok. Mereka sering membagikan video yang mereka buat sendiri di platform ini. Berbeda dengan video resmi lainnya, sebagian besar dari mereka mengedit videonya sendiri, loh!

Tidak hanya mendapatkan konten asli dari idola kamu, tapi kamu juga bisa mengikuti berbagai challenge dari mereka. Contohnya, challenge Zico - Any Song yang cukup viral. Bahkan non-kpopers pun banyak yang ikut dalam challenge ini.

Idola lainnya yang juga aktif di TikTok antara lain Jeon Somi - What You Waiting For, Jessi - Nunu Nana, CLC - Helicopter, dan lainnya. Kamu bisa mencoba salah satunya dan mengunggahnya di akunmu.

11. Choeaedol

Masih tentang voting, aplikasi kpop yang wajib kamu instal di hp Android dan iPhone adalah Choeaedol. Berbeda dengan aplikasi voting kpop lainnya, Choeaedol lebih fokus pada polling komunitas. Jadi, selain mengikuti voting untuk idola dan lagu kpop terbaik, kamu juga bisa menemukan voting tentang idola paling pintar, idola yang ingin kamu ajak liburan, idola yang mungkin jago olahraga tertentu, dan sebagainya.

12. MuBeat

Aplikasi voting K-pop lain yang bisa kamu coba adalah MuBeat. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membantu idola kamu untuk menang di acara seperti Show! Music Core. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti voting untuk memilih artis yang akan tampil dalam sesi tanya jawab yang diadakan oleh MuBeat.

MuBeat

Bagi yang suka menonton video, MuBeat juga menyediakan berbagai video K-pop HD lengkap, mulai dari debut mereka hingga yang terbaru. Kamu bahkan bisa mengakses Focused Cams dan acara-acara original MuBeat yang dihadiri oleh idola kamu. Yang menarik, jumlah video yang kamu tonton akan dihitung dalam MuBeat Chart dan Gaon Social Chart!

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah fitur interaksi sosialnya. Di sini, kamu bisa terhubung dengan penggemar K-pop lainnya dari seluruh dunia dan berbagi informasi tentang idola kamu.

13. Idol Champ

Idol Champ adalah aplikasi resmi dari MBC yang menyediakan integrasi sempurna dengan acara musik mereka. Di sini, kamu bisa mengikuti voting untuk acara Show Champion, di mana suaramu bisa menentukan apakah grupmu bisa menjadi juara di acara tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan voting untuk menampilkan artis idola kamu di ruang tunggu, membantu pembuatan Comeback M/V mereka, hingga membuat mereka menjadi cover majalah terkenal. Kamu juga bisa memberikan dukungan tambahan melalui chamsim yang bisa didapatkan melalui kuis.

Bagi para penggemar, kamu juga bisa menikmati banyak manfaat dari aplikasi ini. Mulai dari reward jika artis yang kamu vote berhasil menang, mengikuti event dari MBC, hingga menonton acara-acara MBC, termasuk preview dan behind the scenes mereka.

14. Kakao Talk

Salah satu aplikasi K-pop lain yang harus kamu punya adalah KakaoTalk. KakaoTalk merupakan aplikasi chatting yang populer di Korea. Para idola juga sering menggunakan KakaoTalk untuk berkomunikasi langsung dengan para penggemarnya.

Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, KakaoTalk memungkinkan kamu untuk terhubung dengan komunitas. Kamu bisa masuk ke dalam grup yang berisikan teman satu fandom. Seru, bukan?

Selain itu, KakaoTalk juga bisa digunakan untuk membuat akun di berbagai situs voting K-pop. Dengan ini, kamu bisa membuat akun sebanyak-banyaknya untuk mendukung idol grup favoritmu.

15. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik legal yang cocok bagi kamu yang suka mendengarkan lagu-lagu K-pop. Aplikasi ini memiliki koleksi lagu K-pop yang sangat lengkap, termasuk untuk lagu Korea di luar genre Pop.

Dengan antarmuka yang mudah digunakan, kamu bisa menemukan berbagai artis K-pop populer seperti BTS, Blackpink, G-Dragon, Ailee, Ateez, Twice, Sunmi, Chungha, Red Velvet, dan banyak lagi. Kamu bahkan bisa menemukan playlist K-pop agar tidak perlu repot membuatnya sendiri.

16. YG Select

Berbeda dengan sebelumnya, YG Select adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh penggemar YG Entertainment seperti Big Bang, Blackpink, Treasure, iKon, Winner, dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi ini, kamu tidak akan ketinggalan berita dan event terbaru dari grup favoritmu.

Jika kamu suka mengoleksi barang-barang dari grup dan solois K-pop, YG Select menyediakan fitur belanja yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan free gifts, promotional items, hingga barang-barang eksklusif dari YG. Kamu bahkan bisa mendapatkan barang-barang branded yang diendorse oleh artis favoritmu di sini.

17. SMTown Official Aplication

Apakah kamu penggemar BoA, TVXQ, EXO, SNSD, Red Velvet, Super Junior, aespa, atau artis lain dari SM Entertainment? Jika iya, kamu bisa mengunduh aplikasi resmi SMTown di smartphone mu.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat profil lengkap serta diskografi dari setiap artis yang berada di bawah naungan SM Entertainment. Kamu juga bisa menikmati semua Music Video dan informasi lainnya seperti jadwal comeback hingga drama yang dibintangi.

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya berfokus pada artis-artis dari SM Entertainment. Jadi, kamu tidak akan mendapatkan update mengenai idol dari agensi lain.

18. Weverse

Sebagai seorang penggemar, salah satu pencapaian besar adalah bisa berkomunikasi langsung dengan idolanya. Namun, bagi penggemar dari Korea Selatan, bertemu langsung dengan idola mereka bisa menjadi hal yang sulit. Bahkan menghadiri konser yang diselenggarakan di Indonesia pun bisa jadi sulit bagi sebagian besar orang.

Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa berinteraksi langsung dengan idolamu menggunakan aplikasi Weverse yang sekarang telah digabung dengan V-Live. Aplikasi ini biasanya digunakan oleh para idola untuk melakukan siaran langsung, menyapa, dan berkomunikasi dengan penggemar secara langsung.

Penggemar juga bisa meninggalkan komentar agar dapat dibaca dan ditanggapi oleh idola mereka, mirip seperti live di Instagram. Yang membedakannya adalah rekaman siaran langsung tersebut masih bisa ditonton kembali bahkan setelah beberapa hari.

Selain itu, penggemar juga dapat berkontribusi dengan menambahkan subtitle agar dapat membantu penggemar lain yang tidak paham bahasa Korea.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu juga bisa mendapatkan konten eksklusif yang tidak tersedia di platform lain. Misalnya, untuk konten khusus seperti comeback stage atau showcase yang hanya diunggah melalui langganan bulanan Weverse.

Akhir Kata

Itulah beberapa aplikasi K-pop yang wajib kamu unduh dan pasang di smartphone mu. Selain aplikasi di atas, kamu juga bisa menginstal aplikasi umum seperti Youtube atau Instagram untuk mengikuti artis idola mu.

Namun, melalui aplikasi K-pop, kamu tidak hanya bisa menikmati konten-kontennya, tetapi juga bisa membantu idolamu dengan cara voting dan streaming agar lebih dikenal oleh orang banyak.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.