10 Aplikasi Chatting Terbaik dan Teraman di HP Android

Adanpedia
Aplikasi Chatting Terbaik

Aplikasi chatting menjadi salah satu aplikasi penting yang harus diinstal di ponsel baru. Selain dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, aplikasi chatting kini juga dilengkapi dengan beragam fitur seperti status, voice note, panggilan suara, stiker lucu, hingga panggilan video. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika aplikasi perpesanan saat ini mulai menggantikan SMS dan MMS yang sebelumnya lebih populer.

Aplikasi chat sendiri sangat mudah ditemukan di Play Store atau App Store. Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan yang membuatnya tampil berbeda dan memiliki penggemar tersendiri.

Jika kamu masih bingung harus menginstal yang mana, berikut adalah beberapa aplikasi chatting terbaik dan teraman yang bisa kamu instal di ponsel Android atau iPhone.

1. Kakao Talk

Penggemar K-Pop dan K-Drama mungkin tidak asing dengan aplikasi chatting asal Korea ini. KakaoTalk lebih populer dibanding aplikasi chatting lainnya dan terintegrasi dengan banyak layanan di Korea Selatan.

Kakao Talk

Meskipun begitu, KakaoTalk juga memiliki banyak pengguna setia dan digunakan oleh 150 juta orang di seluruh dunia. Awalnya digunakan untuk mengikuti tren idola K-Pop, namun aplikasi ini juga memiliki fitur canggih yang tidak kalah dengan aplikasi chatting lainnya.

Selain fitur dasar seperti chatting, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna membuat jadwal, mengaksesnya melalui PC atau laptop, bermain game, menggunakan voice filter, dan bahkan menghubungkannya ke smartwatch. Apakah semakin tertarik untuk mencoba aplikasi chatting asal Korea ini?

2. Viber

Viber merupakan bagian dari Rakuten Group yang dikenal sebagai salah satu pemimpin di bidang e-commerce dan layanan finansial di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, dan video tanpa batasan.

Selain itu, Viber juga memungkinkan pengguna untuk membuat grup dengan hingga 250 anggota, cocok untuk diskusi tentang topik tertentu dengan penggemar lainnya. Pengguna juga dapat membuat polling dan kuis di dalam grup chat.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah pesan yang otomatis menghilang (self-disappearing messages). Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur timer untuk pesan mulai dari 10 detik, 1 menit, atau 1 hari sebelum pesan tersebut menghilang.

3. Discord

Discord adalah aplikasi yang sangat populer di kalangan gamers, yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi. Selain berkirim pesan, pengguna juga dapat melakukan obrolan suara melalui aplikasi ini.

Discord

Namun, Discord kini tidak hanya digunakan oleh kalangan gamers, tetapi juga oleh orang-orang yang mencari aplikasi chatting yang aman. Fitur voice meeting dijamin aman dari penyusup!

Selain itu, Discord juga terkenal karena ringan dan tidak menghabiskan banyak kuota. Jika terjadi gangguan koneksi, pengguna lain tidak akan terpengaruh dan obrolan tetap bisa berlanjut.

4. Wechat

WeChat mungkin belum begitu populer di Indonesia, tetapi karena penggunaannya yang luas di Cina, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi chatting dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Keistimewaan WeChat adalah dapat digunakan di berbagai platform, termasuk Android, iPhone, Blackberry, Windows Phone, dan bahkan platform Symbian yang sudah ketinggalan zaman.

Fitur menarik dari WeChat adalah kemampuannya untuk mencari teman baru hanya dengan menggoyangkan ponsel. Selain itu, pengguna juga dapat berkenalan dengan pengguna WeChat lainnya melalui fitur "look around".

5. Signal

Aplikasi Signal menjadi populer secara tiba-tiba sebagai alternatif WhatsApp ketika WhatsApp terlibat dalam kasus privasi pengguna. Popularitasnya semakin meningkat setelah Elon Musk menyebutkan aplikasi ini, membuat jumlah pengguna Signal melonjak.

Salah satu keunggulan Signal adalah enkripsi end-to-end yang membuat percakapan menjadi aman dan terjaga dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pengguna dapat membuat pesan yang akan terhapus secara otomatis setelah waktu tertentu.

Meskipun fiturnya tidak jauh berbeda dengan WhatsApp, Signal dapat dianggap sebagai alternatif yang baik. Namun, di Indonesia, pengguna Signal masih sedikit sehingga aplikasi ini masih kalah populer dibanding aplikasi chatting lainnya.

6. LINE

LINE

Salah satu aplikasi chatting terbaik adalah LINE, yang populer di kalangan anak muda. Aplikasi gratis ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks, gambar, dan melakukan panggilan suara.

Yang membuat LINE unik adalah jumlah stiker lucu dan emotikon yang bisa membuat chatting semakin seru. Pengguna bahkan dapat menggunakan stiker ini saat melakukan panggilan suara!

Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan teman baru ke daftar kontak LINE hanya dengan menggunakan QR Code. Kontak yang tidak diinginkan juga dapat dimasukkan ke daftar hitam untuk menghindari gangguan.

7. Skype

Sebelum panggilan video menjadi umum di banyak aplikasi chatting, Skype telah menjadi populer sebagai aplikasi panggilan video yang digunakan secara global. Selain gratis, aplikasi ini dapat digunakan hanya dengan menggunakan kuota internet.

Meskipun popularitas Skype mungkin tidak sebesar aplikasi chatting lain dalam daftar ini, Skype dapat menjadi alternatif yang baik untuk panggilan video atau rapat kelompok.

8. Facebook Messenger

Facebook, sebagai salah satu media sosial terbesar, memiliki aplikasi chatting bernama Facebook Messenger yang juga sangat populer.

Meskipun merupakan bagian dari fitur Facebook, aplikasi ini dapat diinstal secara terpisah dan dapat diakses menggunakan akun Facebook. Melalui Facebook Messenger, pengguna dapat bertukar pesan dengan kontak Facebook mereka di berbagai platform.

Meskipun disebut Messenger, aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk chatting, tetapi juga untuk melakukan panggilan suara dan video call dengan beberapa orang sekaligus.

9. Telegram

Jika kamu sedang mencari aplikasi chatting selain WhatsApp, Telegram bisa menjadi alternatif pertama kamu. Selain gratis dan bebas iklan, Telegram juga diklaim sangat aman berkat enkripsi end-to-end yang membuat chat kamu terjaga kerahasiaannya.

Tidak hanya itu, Telegram juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan WhatsApp, seperti kemampuan pengiriman file hingga 1.500 MB dan grup yang dapat menampung hingga 30.000 anggota sekaligus. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika aplikasi ini sering digunakan untuk berbagi file dan oleh pemasar internet yang tidak ingin repot membuat banyak akun terpisah untuk menampung anggota dan pengikut mereka.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah dukungan untuk melakukan panggilan video dengan fitur tambahan yang keren seperti latar belakang animasi, animasi pesan yang stylish, dan berbagi layar.

10. Whatsapp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang paling populer dan terkenal, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Aplikasi ini melayani lebih dari dua miliar pengguna aktif setiap bulannya.

WhatsApp menyediakan beragam fitur yang memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dan mencari teman baru. Selain mengirim pesan teks dan suara, pengguna juga dapat melakukan panggilan video, menggunakan stiker, dan membuat status dengan fitur yang mirip dengan Instagram Story.

Selain digunakan untuk keperluan pribadi, WhatsApp juga memiliki versi khusus untuk keperluan bisnis. Pada versi ini, pengguna dapat menemukan fitur tambahan seperti label, autoresponder, pembuatan profil bisnis, statistik pesan, dan masih banyak lagi.

Inilah beberapa aplikasi chatting terbaik dan teraman yang bisa kamu gunakan. Dengan beragam fitur yang ditawarkannya, dijamin obrolan kamu akan menjadi lebih seru dan menyenangkan.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.