2 Cara Screenshot HP Android Semua Tipe, Mudah dan Cepat

Adanpedia

Screenshot adalah gambar yang diambil oleh komputer atau smartphone untuk merekam tampilan yang terlihat di layar. Hampir semua orang saat ini memiliki ponsel Android, tetapi tidak semua orang tahu cara mengambil screenshot di ponsel Android. Android adalah smartphone yang sangat populer dan memiliki banyak kegunaan. Jika setiap orang dapat memanfaatkan fungsi Android dengan baik, hidup akan menjadi lebih mudah.

Screenshot HP Android

Salah satu kemudahan yang bisa dirasakan saat menggunakan ponsel Android adalah kemampuan untuk mengabadikan pesan atau sesuatu yang terdapat di ponsel dengan screenshot. Cara mengambil screenshot di ponsel Android bervariasi tergantung pada tipe dan merek ponsel yang digunakan.

Ada beberapa cara untuk mengambil screenshot di ponsel Android, baik dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Pada kesempatan ini, saya akan memberikan panduan tentang cara mengambil screenshot di semua tipe ponsel Android, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Cara Screenshot Semua tipe HP tanpa Aplikasi

Sebelum memulai, buka aplikasi obrolan seperti WhatsApp, Line, BBM, atau browser, serta beberapa fitur yang ingin Anda ambil screenshot-nya di Android.

  • Untuk mengambil screenshot di ponsel Samsung Galaxy, tekan tombol "Power" dan "Home" secara bersamaan. Jika berhasil, Anda akan mendengar suara seperti kamera memotret yang menandakan screenshot telah berhasil diambil.
  • Sementara untuk mengambil screenshot di ponsel Android merk Asus, Acer, Smartfren, Advan, Xiaomi, Cross A7, Sony Xperia, dan Lenovo, Anda dapat menekan tombol "Power" dan "Volume (-)" secara bersamaan.
  • Untuk pengguna BlackBerry, Anda dapat mengambil screenshot dengan menekan tombol "Volume (-)" dan "Volume (+)" secara bersamaan. Anda dapat melihat hasil screenshot di folder DCIM atau galeri.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi

Salah satu contoh penggunaan aplikasi untuk mengambil screenshot layar Android adalah dengan menggunakan cara berikut.

Gunakan aplikasi bernama Screenshot Easy. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk mengambil screenshot hanya dengan satu sentuhan, tanpa perlu menekan tombol apa pun. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui tautan berikut: Screenshot Easy Apk.

Setelah mengunduh aplikasi, instal Screenshot Easy di ponsel Android Anda dan buka aplikasi tersebut. Untuk menggunakan fitur screenshot, Anda perlu mengaktifkan Overlay Icon. Aplikasi akan meminta izin aksesibilitas agar dapat mengambil screenshot di ponsel Android Anda.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, buka layar Android yang ingin Anda ambil screenshot-nya. Untuk mengambil screenshot menggunakan aplikasi ini, cukup tekan ikon kamera biru yang muncul di pojok layar. Selain itu, Anda juga dapat mengedit hasil screenshot sebelum menyimpannya.

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.