Cara Cek IMEI Semua Tipe HP dengan Mudah dan Cepat

Adanpedia

Sebagai pengguna smartphone, seharusnya Anda sudah mengetahui apa itu nomor IMEI Android. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identifikasi pribadi yang terdapat pada setiap ponsel Android. Setiap smartphone pasti memiliki nomor IMEI karena nomor tersebut sangat berguna bagi pengguna smartphone.

Cek IMEI Semua Tipe HP

Nomor IMEI dapat dengan mudah ditemukan di kotak kemasan saat Anda membeli sebuah HP. Selain itu, biasanya nomor IMEI juga tertera di balik baterai. Umumnya, nomor IMEI terdiri dari 14 hingga 16 digit angka. Berikut ini adalah cara untuk memeriksa nomor IMEI pada beberapa tipe HP.

Fungsi IMEI Android

1. Sebagai Identitas

IMEI bisa diibaratkan sebagai identitas sebuah smartphone seperti KTP. IMEI adalah nomor identifikasi unik yang melekat pada setiap ponsel, sehingga nomor ini sangat penting dan sering diperhatikan saat membeli ponsel bekas untuk memastikan kesesuaian dengan nomor IMEI yang tertera pada kardusnya.

2. Memengaruhi Sinyal pada Smartphone

Kehilangan nomor IMEI bukanlah hal yang biasa, karena hal ini tidak hanya mempengaruhi fungsi atau performa smartphone. Namun, jika nomor IMEI hilang, smartphone tidak dapat menangkap sinyal dan tentunya tidak dapat digunakan untuk komunikasi atau koneksi data internet.

3. Melacak Smartphone

Perkembangan teknologi saat ini memang sangat bermanfaat, termasuk nomor IMEI. Nomor IMEI dapat digunakan untuk melacak ponsel yang hilang. Datanglah ke penyedia operator jaringan yang Anda gunakan, berikan nomor hp Anda beserta nomor IMEI-nya.

Cara Cek IMEI Semua Tipe Smartphone

1. Cek IMEI HP Samsung

Untuk pengguna smartphone Samsung, Anda dapat mengecek nomor IMEI dengan cara masuk ke aplikasi Dial dan memasukkan kode *#06#, kemudian tekan panggil. Nomor IMEI HP Anda akan muncul secara otomatis di layar. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengecek nomor IMEI di smartphone lain.

2. Cek IMEI Melalui Menu Setting

Anda dapat mengecek nomor IMEI dengan pergi ke menu pengaturan di smartphone Anda, lalu pilih "Tentang Ponsel" dan pilih opsi "Kode IMEI".

3. Cek IMEI Apple iPhone

Untuk pengguna iPhone, ada beberapa cara untuk mengecek nomor IMEI. Jika Anda ingin memeriksa nomor IMEI pada perangkat iPhone, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan > Umum > Tentang. Di sana, Anda akan melihat informasi teknis tentang iPhone Anda, termasuk nama perangkat, tipe, nomor seri, dan nomor IMEI yang biasanya terletak di bagian bawah layar. Untuk memeriksa apakah nomor IMEI sudah terdaftar atau belum, Anda dapat menekan dan tahan nomor IMEI selama sekitar 3 detik, salin, dan periksa di situs dukungan Apple.

Cara lain untuk mengecek nomor IMEI pada iPhone adalah dengan membuka slot kartu SIM dan melihat di bagian belakang wadah kartu SIM. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 angka.

Akhir Kata

Untuk cara mengecek nomor IMEI hp yang lainnya, Anda bisa menekan kode dial *#06# pada perangkat Android yang Anda gunakan. Pengecekan nomor IMEI biasanya terletak di bagian informasi teknis mengenai perangkat yang ada di menu Pengaturan. Meskipun namanya berbeda-beda, Anda dapat mencari menu yang memiliki arti yang sama seperti "About Phone".

Demikianlah cara mengecek nomor IMEI di semua tipe HP dengan mudah. Anda juga harus cermat saat membeli sebuah smartphone. Selamat mencoba!

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.