Aplikasi Akuntansi Terbaik untuk HP Android dan iPhone

Bidang akuntansi atau pembukuan merupakan divisi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan dan bisnis. Jika dulu sulit untuk mendapatkan akuntan yang profesional, saat ini telah banyak lulusan akuntansi yang sangat berbakat dan dapat diandalkan dalam kegiatan bisnis. Namun, tidak jarang pula yang memilih untuk menggunakan aplikasi akuntansi gratis agar pembukuan dan keakuratan data keuangan bisnis tetap terjaga.

Aplikasi Akuntansi Terbaik

Aplikasi akuntansi berperan sebagai penghubung yang dapat membantu para pengusaha, terutama yang masih berbasis UKM, karena mempekerjakan seorang akuntan biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai 10 aplikasi akuntansi Android yang dapat membantu Anda menyusun laporan keuangan dengan mudah.

Aplikasi Akuntasi Terbaik

Aplikasi Akuntansi

1. Akuntansiku

Akuntansiku harus dimasukkan dalam daftar aplikasi akuntansi Android andalan. Dengan ukuran hanya 6,5 MB, aplikasi ini telah digunakan oleh puluhan ribu orang untuk mengelola dan mencatat kegiatan keuangan seperti laporan transaksi, hutang-piutang, hingga laporan arus kas.

Pihak pengembang aplikasi Akuntansiku mengklaim bahwa penggunanya tidak perlu khawatir dengan keamanan data. Pengguna dapat mengakses aplikasi ini dari berbagai perangkat, mulai dari Android, iOS, hingga browser smartphone. Yang menarik, Akuntansiku memiliki fitur yang memudahkan pengguna, karena tidak perlu melakukan back-up secara manual.

2. Akuntansi UKM

Ya, seperti namanya, aplikasi Akuntansi UKM ditujukan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang tidak ingin repot membuat sistem informasi keuangan sendiri.

Jika Anda tidak memiliki dasar pengetahuan akuntansi, tidak perlu khawatir karena aplikasi berukuran hanya 2 MB ini menyediakan tutorial yang mudah dipahami. Beberapa fitur penting yang sangat disukai oleh pengguna Akuntansi UKM adalah fitur Jurnal Harian, Laporan, Buku Besar, hingga pilihan Multi User. Anda dapat menggunakan Akuntansi UKM dengan mudah dan gratis.

3. Jurnal

Jurnal adalah aplikasi akuntansi online yang cocok bagi Anda yang menyukai tampilan aplikasi yang ramah pengguna. Aplikasi ini telah digunakan oleh ratusan ribu pengguna, sehingga tidak perlu ragu untuk mengunduhnya. Jurnal menyediakan template pengiriman invoice dan faktur, sehingga Anda tidak perlu repot ketika mencatat laporan keuangan.

Dengan ukuran 39 MB, Jurnal menyajikan sistem pelaporan keuangan bisnis Anda secara real-time. Proses pembukuan otomatis di dalamnya mencakup bagan akun atau CoA, Buku Besar Entri Jurnal, Neraca Saldo, dan COGS. Yang menarik, Jurnal juga dapat menghitung pajak secara otomatis, sehingga sangat efisien.

4. Book Keeper Accounting

Para pengembang di India memang dikenal mahir dalam teknologi, matematika, dan akuntansi. Salah satu contohnya adalah Book Keeper Accounting, yang sangat disukai oleh pengguna di seluruh dunia dengan jumlah unduhan di Google Play Store mencapai 1 juta.

Meskipun aplikasi ini berbayar, namun untuk 30 hari pertama Anda dapat menggunakan versi trial yang gratis untuk mengakses fitur-fitur aplikasi akuntansinya. Antarmuka pengguna Book Keeper Accounting sangat menarik dan sederhana, membantu Anda mencatat transaksi keuangan bisnis dengan akurat. Yang terpenting, aplikasi ini dapat digunakan secara offline.

5. Accounting App - Zoho Books

Tak kalah mengesankan, Zoho Corporation juga turut mengembangkan aplikasi akuntansi yang sederhana dengan ukuran hanya 8 MB. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu bingung lagi mengelola sistem keuangan bisnis skala kecil dan menengah. Mulai dari menu Dashboard hingga Laporan bisa diakses dengan mudah dalam satu ketukan saja.

Selain Laporan Keuangan, aplikasi Akuntansi dari Zoho juga dapat membuat laporan Penjualan atau Sales yang dapat Anda kategorikan sesuai dengan item atau pelanggan. Selain itu, ada juga fitur perhitungan pajak dan menu penerimaan pembayaran online yang akan membantu proses laporan keuangan. Sangat mudah, bukan?

6. Deskera

Deskera adalah aplikasi akuntansi berikutnya yang dapat Anda gunakan jika Anda menyukai aplikasi dengan tampilan yang ramah pengguna. Banyak akuntan dan pelaku usaha yang merekomendasikan Deskera karena kemudahannya dalam penggunaan.

Sistem akuntansi yang difokuskan dalam aplikasi ini sangat kompleks, sehingga Anda dapat mengandalkannya dalam membantu pengelolaan dan pencatatan keuangan bisnis Anda. Mulai dari inventaris, penjualan dan pembelian, faktur, hingga laporan keuangan seperti saldo, laba rugi, dan arus kas akan ditangani dengan baik oleh Deskera.

7. Accounting Bookkeeping

Bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang baru merintis, Accounting Bookkeeping adalah aplikasi akuntansi gratis yang cocok. Aplikasi ini memiliki fitur akuntansi lengkap dengan manajemen yang mudah dipahami, dan berukuran 20 MB.

Selama 30 hari pertama penggunaan, Anda tidak akan dikenakan biaya. Dengan aplikasi Accounting Bookkeeping, Anda dapat dengan mudah mencatat transaksi penjualan dan pembelian serta menghasilkan laporan keuangan. Sudah mencobanya?

8. Kledo

Kledo mungkin masih tergolong baru dibandingkan dengan aplikasi lain yang disebutkan di atas. Namun, jangan meremehkan kualitasnya karena aplikasi ini merupakan pilihan yang sangat layak bagi para pebisnis yang ingin menetapkan target usaha dan melakukan pengembangan. Kledo bukan hanya sekadar aplikasi biasa, tetapi juga memiliki fitur yang mudah dipahami.

Puluhan ribu pemilik usaha telah menggunakan Kledo untuk membuat laporan keuangan otomatis berdasarkan data yang diperbarui oleh pengguna. Selain itu, Kledo juga sangat membantu dalam pembuatan invoice dan faktur yang menarik karena diklaim memiliki 50 desain yang keren. Wah, cocok sekali untuk generasi masa kini.

9. Accurate Lite

Accurate Lite adalah aplikasi akuntansi yang layak diacungi jempol dan patut dicoba. Aplikasi ini mengandalkan layanan platform akuntansi Accurate Online untuk mempermudah pengelolaan database usaha.

Accurate Lite membantu mencatat penjualan, pembelian, hutang-piutang, beban-biaya, dan stok barang, sehingga sangat efektif bagi pelaku usaha mikro dan menengah. Selain itu, Accurate Lite juga menyediakan fitur QR Code yang mempermudah sistem laporan.

10. CrediBook

Butuh aplikasi pembukuan yang sederhana? Anda perlu mencoba CrediBook untuk membuat laporan keuangan menjadi lebih teratur. Jangan khawatir tentang ukurannya, karena aplikasi ini hanya membutuhkan ruang sekitar 15MB di smartphone Anda.

CrediBook telah mendapatkan banyak ulasan positif karena sering digunakan oleh pelaku usaha dan bisnis UMKM. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur cetak struk pembelian.

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang 10 aplikasi akuntansi Android yang dapat menjadi temanmu dalam menyusun laporan keuangan bisnis dan usaha. Mulai dari versi gratis hingga berbayar, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan tingkat kompleksitas laporan atau pembukuan yang diinginkan. Apakah ada aplikasi akuntansi favoritmu dalam daftar di atas?

Next Post Previous Post